RETORIKA KATA

RETORIKA KATA
(Seni Berbicara atau Keterampilan Berbicara)

Pemateri : Arif Syaifullah


Retorika adalah seni berbicara atau keterampilan berbicara yakni ilmu yang mempelajari cara mengatur kata-kata supaya timbul kesan menarik bagi pihak lain. Retorika disebut juga Public Speaking yang berarti berbicara kepada khalayak umum. Tujuan retorika kata yaitu menarik masa dengan penyampian pesan orang lain dapat tertarik dengan apa yang telah dibicarakan. Memicu orang lain untuk mengemukakan pendapat atas pesan yang telah disampaikan.

Retorika mengandung unsur persuasif (membujuk) yang tinggi seperti penggunaan suara, bahasa lisan yang indah, berirama dalam menyampaikan pesan. Merayu publik adalah hal yang sangat penting dalam membangun kesadaran dan kebenaran.

Retorika mempunyai beberapa macam, dibagi berdasarkan tempat dan jenis pembahasan masalahnya. Retorika dibagi menjadi seperti berikut :
  • Retorika Deliberitif
Retorika Deliberitif dirancang untuk mempengaruhi khalayak. Pembicaraan difokuskan pada keuntungan dan kerugian jika sebuah kebijakan diputuskan atau dilaksanakan. 
  • Retorika Forensic
Retorika yang berkaitan dengan pengadilan. Fokus pembicaraan pada masa lalu yang berkaitan dengan keputusan pengadilan. misalkan sidang dakwaan, dll
  • Retorika Demonstratif 
Mengembangkan wacan yang dapat memuji atau menghujat. Retorika politik pada umumnya menerapkan retorika ini untuk mempengaruhi khalayak umum

     >> Contoh Pelaksanaan Retorika
Pidato adalah negosiasi dan retorika politik akan tercipta msyarakat dengan negosiasi (konflik dan konsensus) yang terus berlangsung. Pidato memicu berkembangnya wacana politik dan muncullah banyak pendapat.
  • Sistem Persiapan
  1. Menggunakan konsep, teks, atau naskah : Agar apa yang akan disampaikan tidak keluar dari tujuan 
  2. Menentukan inti atau garis besar yang akan dibicarakan : Agar apa yang disampaikan dapat cepat dipahami
  3. Menghafal konsep secara persis
  4. Tampil secara spontan
  • Ciri-ciri materi yang menarik
  1. Simpel
  2. Berbobot
  3. Dapat dimengerti
  4. Aktual
  5. Bernuansa baru



Comments

Popular posts from this blog

Ethernet Frame Field

Semua Tentang OSI layer Dan TCP/IP

ESENSI MAHASISWA