PENGERTIAN KOMUNIKASI DATA
PENGERTIAN KOMUNIKASI DATA
Komunikasi data adalah pertukaran data antara dua perangkat melalui
beberapa bentuk media transmisi seperti kabel kawat. Untuk terjadinya data
komunikasi, perangkat harus berkomunikasi menjadi sebuah bagian dari sistem
komunikasi, yang terdiri dari kombinasi dari hardware ( peralatan fisik ) dan
perangkat lunak ( program ). Efektivitas sistem komunikasi data tergantung pada
empat karakteristik yang mendasar: pengiriman, akurasi, ketepatan waktu, dan
jitter.
Karakteristik dasar komunikasi data:
1.Pengiriman
Sistem harus mengirimkan data ke tujuan yang sesuai. Data harus diterima oleh
perangkat yang dimaksudkan atau pengguna dan hanya oleh perangkat atau
pengguna.
2.akurasi
Sistem harus memberikan data yang akurat. Data yang telah diubah dalam
transmisi dan meninggalkan sumber,data yang tidak dikoreksi tidak dapat
digunakan.
3.ketepatan waktu
Sistem harus mengirimkan data pada waktu yang tepat. Terlambat nya
dikirimkannya data maka tidak akan berguna. Dalam kasus video dan audio,
pengiriman waktu yang tepat berarti memberikan data seperti yang diproduksi
atau seperti aslinya, dalam urutan yang sama ketika dibuat, dan tanpa penundaan
yang signifikan. Semacam ini disebut pengiriman transmisi real-time.
4.jitter
Jitter mengacu pada variasi waktu kedatangan paket. Ini adalah keterlambatan
yang tidak merata dalam pengiriman paket audio atau video. Sebagai contoh, mari
kita asumsikan bahwa paket video yang dikirim setiap 3D ms. Jika beberapa dari
paket datang dengan delay 3D ms dan yang lain dengan delay 4D ms, akan
menghasilkan kualitas yang tidak merata dalam video tersebut.
komponen
komunikasi data
Sebuah sistem komunikasi data memiliki lima komponen:
1.Pesan
Pesan adalah informasi ( data) untuk dikomunikasikan. Bentuk populer dari
informasi termasuk teks, angka, gambar, audio, dan video.
2.Pengirim
Pengirim adalah perangkat yang mengirimkan pesan data. Hal ini dapat berupa
komputer, workstation, handset telepon, kamera video, dan sebagainya.
3.Penerima
Penerima adalah perangkat yang menerima pesan. Hal ini dapat berupa komputer,
workstation, handset telepon, televisi, dan lain.
4.Media transmisi
Media transmisi adalah jalur fisik dimana pesan berjalan dari pengirim ke
penerima. Beberapa contoh media transmisi termasuk kabel twisted-pair, kabel
koaksial, kabel serat optik, dan gelombang radio.
5.Protokol
Protokol adalah seperangkat aturan yang mengatur komunikasi data. Ini merupakan
kesepakatan antara perangkat yang saling berkomunikasi. Tanpa protokol, dua
perangkat mungkin akan terhubung tapi tidak dapat berkomunikasi, orang yang
berbicara Prancis tidak dapat dipahami oleh orang yang berbicara bahasa Jepang.
Representasi Data
Informasi
ini datang dalam berbagai bentuk seperti teks, angka, gambar, audio, dan video.
1.Teks
Dalam komunikasi data, teks direpresentasikan sebagai pola bit, urutan bit.Pola
Set bit yang berbeda telah dirancang untuk merepresentasikan simbol teks.
Setiap set disebut kode, dan proses yang merepresentasikan simbol-simbol
disebut coding. Hari ini, sistem pengkodean umum disebut Unicode, yang
menggunakan 32 bit untuk merepresentasikan sebuah simbol atau karakter yang
digunakan dalam setiap bahasa di dunia. American Standard Code for Information
Interchange ( ASCII ),beberapa dekade yang lalu dikembangkan di Amerika
Serikat, sekarang merupakan 127 karakter pertama dalam Unicode dan juga disebut
sebagai Dasar Latin.
2.Bilangan
Bilangan juga direpresentasikan dengan pola bit. Namun, kode seperti ASCII
tidak digunakan untuk merepresentasikan angka, dengan menggunakan nomor yang
langsung dikonversi ke bilangan biner untuk menyederhanakan operasi matematika.
3.Gambar
Gambar juga diwakili oleh pola bit. Dalam bentuk yang paling sederhana, gambar
terdiri dari matriks piksel ( elemen gambar ), di mana setiap pixel adalah
titik kecil. Ukuran pixel tergantung pada resolusi. Sebagai contoh, sebuah
gambar dapat dibagi menjadi 1000 pixel atau 10.000 piksel. Dalam kasus kedua,
ada representasi yang lebih baik dari gambar ( baik resolusi), tetapi lebih
banyak memori yang dibutuhkan untuk menyimpan gambar.
Setelah gambar dibagi menjadi pixel, setiap pixel diberikan sebuah pola bit.
Ukuran dan pola nilai tergantung pada gambar. Untuk gambar yang terbuat dari
hanya titik hitam-putih ( misalnya, papan catur ), pola I- bit dapat
merepresentasikan pixel.
Jika gambar tidak terbuat murni piksel hitam putih dan murni, Anda dapat
meningkatkan ukuran pola bit untuk memasukkan skala abu-abu. Misalnya, untuk
menunjukkan empat tingkat skala abu-abu, Anda dapat menggunakan pola 2-bit.
Sebuah pixel hitam dapat dirpresentasikan dengan 00, piksel abu-abu gelap
dengan 01, piksel abu-abu terang dengan 10, dan piksel putih oleh 11.
Ada beberapa metode untuk mewakili gambar berwarna. Salah satu metode ini
disebut RGB, disebut demikian karena setiap warna terbuat dari kombinasi dari
tiga warna primer: red,green dan blue. Intensitas warna masing-masing diukur,
dan pola bit dibuat untuk itu. Metode lain adalah disebut YCM, di mana warna
terbuat dari kombinasi tiga warna primer lain: yellow, cyan, dan magenta.
4. Audio
Audio mengacu pada rekaman atau penyiaran suara atau musik. Audio dengan sifat
yang berbeda dari teks, angka, atau gambar. Hal ini terus menerus, tidak
terpisah. Bahkan ketika kita menggunakan mikrofon untuk mengubah suara atau
musik ke sinyal elektrik, kita membuat sinyal secara kontinyu.
5. Video
Video mengacu pada rekaman atau penyiaran gambar atau film. Video yang baik
dapat diproduksi dengan entitas kontinu ( misalnya, oleh kamera TV ), atau
dapat berupa kombinasi gambar, setiap entitas yang diskrit, diatur untuk
menyampaikan gagasan yang bergerak.
Aliran data
Komunikasi antara dua perangkat dapat berupa simpleks, half-duplex, atau
full-duplex
1.Simplex
Dalam mode simplex, komunikasi searah, seperti pada jalan satu arah. Hanya satu
dari dua perangkat pada link dapat mengirimkan data, yang lain hanya dapat
menerima. Keyboard dan monitor tradisional adalah contoh perangkat simpleks.
Keyboard hanya dapat memperkenalkan input; monitor hanya dapat menerima output.
Mode simpleks dapat menggunakan seluruh kapasitas saluran untuk mengirim data
dalam satu arah.
2.Half- Duplex
Dalam mode half-duplex, setiap stasiun dapat mengirimkan dan menerima, tetapi
tidak pada waktu yang bersamaan. Bila satu perangkat ada yang mengirim, yang
lain hanya dapat menerima, dan sebaliknya. Mode half-duplex adalah seperti
jalan satu jalur dengan lalu lintas yang memperbolehkan lalu lintas dari kedua
arah. Ketika mobil berjalan dalam satu arah, mobil yang ke arah lain harus
menunggu. Dalam transmisi half-duplex, kapasitas seluruh saluran radio telah
diambil alih oleh ari dua perangkat transmisi pada waktu itu. Walkie- talkie
dan (city band) CB radio,keduanya adalah sistem half-duplex.
Mode half-duplex digunakan dalam kasus dimana tidak ada kebutuhan untuk
komunikasi dua arah pada saat yang bersamaan, seluruh kapasitas saluran dapat
dimanfaatkan untuk satu arah.
3.Full- Duplex
Dalam mode full-duplex ( juga disebut duplex ), kedua stasiun dapat mengirim
dan menerima secara bersamaan. Mode full-duplex seperti jalan dua arah dengan
lalu lintas yang mengalir di kedua arah pada waktu yang sama. Dalam mode
full-duplex, sinyal akan ditempatkan pada satu arah dari kapasitas link: dengan
sinyal menuju arah yang lain. Sharing seperti ini dapat terjadi dalam dua cara:
Entah link harus mengandung dua jalur transmisi secara fisik terpisah, satu
untuk mengirim dan yang lain untuk menerima, atau kapasitas saluran dibagi
antara sinyal yang berjalanan di kedua arah.
Salah satu contoh umum dari komunikasi full-duplex adalah jaringan telepon.
Ketika dua orang berkomunikasi dengan saluran telepon, maka dapat berbicara dan
mendengarkan pada saat yang sama.
Mode full- duplex digunakan ketika komunikasi di kedua arah diperlukan
sepanjang waktu. Kapasitas saluran, harus dapat dibagi antara dua arah.
BENTUK-BENTUK
KOMUNIKASI DATA
Berdasarkan bentuk-bentuk penerapannya, system komunikasi data dapat berupa
Off-line Communication System atau On-line Communication System.
Sistem Komunikasi Off-Line
Off-line communication system adalah suatu sistem pengiriman data melalui
fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolahan data, tetapi data
yang dikirim tidak langsung diproses oleh CPU (Central Processing Unit).
Terminal
Terminal adalah suatu I/O device yang digunakan untuk mengirim data dan
menerima data jarak jauh dengan menggunakan fasilitas komunikasi. Peralatan
terminal ini bermacam-macam, seperti magnetic tape unit, disk drive, paper
tape,dan lain-lain.
Jalur Komunikasi
Jalur komunikasi adalah fasilitas komunikasi yang sering digunakan, seperti telepon,
telegraf, telex, dan dapat juga dengan fasilitas lainnya.
Modem
Modem adalah singkatan dari Modulator / Demodulator. Suatu alat yang
mengalihkan data dari sistem kode digital ke dalam sistem kode analog dan
sebaliknya.
Sistem komputer
Komputer merupakan perangkat utama untuk pemrosesan data yang akan menerima
input data dari setiap terminal dan menghasilkan output yang berupa informasi
yang diinginkan oleh pengguna sistem.
Sistem komunikasi ON-Line
Berbeda dengan system komunikasi offline, pada system komunikasi on-line ini
data yang dikirim melalui terminal dapat langsung diolah oleh pusat komputer,
dalam hal ini CPU.
(City band) CB radio itu apa ??
ReplyDeleteMohon penjelasannyaa
CB radio itu adalah radio yang digunakan untuk berkomunikasi di kapal atau transportasi lainya
ReplyDelete